Thursday 21 June 2012

Idealisme Pancasila yang Alay


Secara historis, kita semua tahu bahwa Pancasila menjadi landasan ideologi bangsa tidak melalui perjalanan yang ringan. Butuh energi yang cukup banyak untuk menyusunnya menjadi satu kesatuan yang utuh. Setiap bagian dari usulan rumusan, masing-masing harus mampu merepresentasikan keseluruhan nusantara sebagai satu kesatuan. Bukan terpisah-pisah dalam memperjuangkan hak dan kewajibannya.
Negara kita ini bukanlah negara homogen yang memiliki satu kesamaan budaya. Bahkan, bahasa yang digunakan dalam satu daerah dengan daerah yang lain pun memiliki ciri khasnya tersendiri. Misalnya saja, logat yang dipakai di Yogyakarta ada perbedaan yang mencolok dengan logat dari karesidenan Banyumas. Belum yang berada dipulau yang berbeda. Bahkan, ada lebih dari 500 bahasa dimiliki oleh bangsa kita ini. Sungguh, sebuah kekayaan yang tak ternilai harganya.
Saya tidak menuliskannya sebagai bahasa daerah, karena bahasa-bahasa tersebut merupakan kepunyaan bangsa Indonesia. Sedangkan kedudukan bahasa Indonesia dalam sumpah pemuda sudah jelas berkedudukan sebagai bahasa persatuan. Sehingga, kita perlu menjaga dan melestarikan bahasa yang ada di daerah kita supaya tidak punah. Hal ini tidak terlepas dari adanya urbanisasi, globalisasi kebudayaan dan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Jika pengguna bahasa tersebut hanya tinggal sedikit, maka menghilangnya bahasa tersebut dari bumi pertiwi tinggal menunggu waktu.
Jika kita bicara tentang persatuan maka tidak bisa dilepaskan dari kutipan sila ketiga yakni Persatuan Indonesia. Persatuan terwujud karena adanya pelaksanaan dan penghayatan  ketuhanan dan kemanusiaan. Ketuhanan mencakup kebutuhan dan kewajiban manusia kepada Tuhan-nya. Sedangkan kemanusiaan memberikan gambaran kepada kita semua bahwa setelah beriman kepada Tuhan, kita harus menjalankan bukti keimanan kita terhadap sesama manusia.
Secara nalar, sumsi dari idealisme ini sangat bertentangan dengan kekerasan, kecacatan hukum dan pengkhianatan terhadap bangsa ini. Maraknya aksi main hakim sendiri baik yang berlatarbelakang chauvinisme, premanisme, fanatisme tidak sesuai dengan fitrah dalam menyangga tiang persatuan bangsa. Hukum yang memihak kepada yang bayar dan lancip ke bawah dan tumpul ke atas, telah menodai cita-cita kemanusiaan yang adil dan beradab. Pertanyaan kita adalah satu, ke mana bentuk kesopanan bangsa kita yang selalu disebutkan turis ketika bicara tentang Indonesia? Apakah mereka dibayar untuk mengatakan bahwa kita adalah bangsa yang sopan?
Kondisi demikian diperparah dengan pengkhianatan para pemimpin bangsa melalui tindak pidana korupsi. Berbagai kasus yang melibatkan para elit  politik di negeri ini, telah memunculkan rasa frustrasi masyarakat. Kenaikan harga-harga pangan akibat kontrol subsidi BBM yang salah arah, membuat rakyat menjerit tanpa suara.
Ketika rakyat disuruh berhemat, para pejabat berlomba-lomba memperbanyak dan memperbarui kendaraan mereka dengan yang lebih mewah. Tidak jarang pula banyak dari mereka berdampingan dengan tetangga yang hanya sekedar mencari sesuap nasi saja susah. Seolah, mereka tidak melihat jika orang yang meminta-minta di perempatan itu adalah tetangga dekatnya sendiri. Jika konsep persatuan Indonesia saja tidak mampu diwujudkan, bagaimana permusyawaratan dan keadilan sosial yang demikian dapat dilaksanakan dan dirasakan?
Mengutip kata-kata komedian Raditya Dika bahwa struktur perkembangan manusia Indonesia yang melewati tahap “alay” sebelum dewasa pun berlaku dalam kehidupan berbangsa dan bernegara kita. Setelah melewati tahap kanak-kanak dalam balutan proklamasi 1945, negeri ini belum juga beranjak dewasa. Kondisi kehidupan kita masih sangat alay, di mana konsep baik-buruk tertukar. Sesuatu yang memiliki nilai baik dalam mewujudkan kesejahteraan sosial bisa saja kemudian dicurigai sebagai kedok dalam menancapkan popularitas. Kita lihat kasus ini muncul dari opini sebagian kecil masyarakat yang mengecilkan Jokowi dengan dukungan mobil Esemka-nya atau Dahlan Iskan dalam merevolusi stakholder organisasinya dengan darah muda.
Sedangkan tidak sedikit para pesakitan yang telah banyak mencuri banyak uang rakyat tidak mendapat proses hukum. Kalaupun diproses dan sempat ditahan, fasilitas yang didapat pun sekelas hotel bintang empat yang full AC. Aktivitas bisnis pun masih tetap berjalan, kendati yang bersangkutan sedan dalam masa tahanan. Barangkali, hal ini yang membuat para tersangka tidak pernah kapok dalam melakukan kejahatan yang sama. Peningkatan angka kriminalitas dari tahun ke tahun, membuat kita bertanya,”Apa bedanya Pancasila dengan system lain?”
Bukan berarti kita berhenti berharap bahwa suatu saat Pancasila yang menjadi landasan idiil bangsa ini lekas dewasa. Sudah terlalu lama, rakyat merasakan ketidakadilan di negeri ini. Ketika persatuan dan kesatuan yang dilandasi keimanan dan kemanusiaan bangsa ini sudah kokoh, maka tidak akan sulit bagi kita semua untuk mulai menyusun permusyawaratan yang dipimpin secara adil bagi kehidupan sosial seluruh masyarakat Indonesia.
Isdiyono, Pemerhati Pendidikan
Tinggal di Yogyakarta

Sumber gambar : http://feryntina.blogspot.com/2012/03/45-butir-butir-pengamalan-pancasila.html


No comments:

Post a Comment

MERDEKA BERPENDAPAT DI HARI ANAK

 Anak adalah kelompok usia rentan di samping wanita dan lansia. Di berbagai kondisi yang mengancam, mereka adalah kelompok yang tidak bisa m...